Hari ini kegiatan shopping tak melulu mesti datang ke pusat perbelanjaan atau mal. Ingin shopping ketika masih di kantor, ketika nongkrong di kafe dengan teman-teman atau lagi terjebak macet di jalan tetap dapat dilakukan hanya memanfaatkan smartphone. Kecuali dapat memangkas waktu dan tenaga sebab pembeli tak usah bersusah-payah datang ke toko, belanja daring pun selalu ada promo atau diskon. Salah satu pemain utama mal online busana dan pernak-perniknya adalah Shopee.
Shopee tampil lewat berbagai kemudahan bagi para konsumen yang berbelanja. Aplikasinya untuk smartphone pun sudah tersedia di toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store yang siap untuk diunduh. Dan lagi, cara belanja di Shopee pun begitu mudah dengan banyak opsi pembayaran tersedia. Shopee Indonesia sebenarnya tak hanya menjual produk-produk fashion dari brand-brand kenamaan namun masih ada banyak kategori yang ada yang meliputi : Handphone & Aksesoris, Perawatan & Kesehatan, Komputer & Aksesoris, Perlengkapan Rumah, Sepatu Pria, Sepatu Wanita, Tas Pria, Tas Wanita, Jam Tangan, Aksesoris Fashion, Elektronik, perlengkapan Bayi & Anak, Hobi & Koleksi, Kosmetik, Perlengkapan Olahraga, Fashion Muslim, Otomotif, Makanan & Minuman, Fotografi, Souvenir & Pesta, Serba Serbi dan Voucher.
1. Cara belanja di Shopee
Pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk mendapatkan akun. Tidak boleh lupa untuk mendaftarkan nomor ponsel untuk pendaftaran ini. Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai sampai mendapatkan akun. Sesudah tahap pendaftaran beres, pengguna dapat melanjutkannya dengan memilih produk apa saja yang hendak dibeli. Cek ketersediaan stock, ukuran, warna dan biaya pengiriman dengan bertanya kepada penjual produk itu via chat. Cukup dengan sentuh tombol “Chat” dan percakapan bisa segera dimulai.
Pembeli boleh bertanya ke penjual mengenai detil produk sekaligus biaya kirim yang dibebankan. Pengguna pun dapat memanfaatkan menu “Tawar” untuk mendapatkan potongan harga dari penjual atau dapat menggunakannya untuk memasukkan biaya kirim. Setelah yakin dengan pilihan produk tersebut, klik ikon keranjang untuk memasukkannya ke daftar belanjaan dan melanjutkan memilih produk lain. Namun bila hanya barang itu saja yang akan dibeli, klik pada tombol Beli Sekarang untuk membuat order.
Meskipun pembeli berbelanja dari pedagang yang berlainan, namun untuk pembayaran tetap dapat disatukan di satu order saja. Proses selanjutnya yang mesti dilakukan yaitu memasukkan detil alamat pengiriman dan tambahkan pula keterangan yang sekiranya dibutuhkan penjual supaya tak keliru kirim. Lanjutkan dengan menentukan opsi pembayaran yang disediakan Shopee dari credit card, transfer bank melalui beberapa channel dari bank BCA, bank Mandiri, dan bank BNI. Buat pembayaran pas dengan totalnya yang telah dikurangi dengan kode unik. Bila konsumen melakukan pembayaran melalui ATM bank, jangan lupa untuk menyimpan print out bukti pembayaran sebagai bukti bila nantinya diperlukan.
Sesudah pembayaran diselesaikan oleh pembeli, kirimkan bukti pembayaran tadi via aplikasi Shopee di fitur ada. Fitur berupa tombol untuk meng-upload bukti pembayaran ada di halaman metode pembayaran atau informasi nomor rekening. Status pembayaran yang baru saja dilakukan langsung dilakukan verifikasi pihak Shopee paling lama hingga 24 jam ke depan. Bilamana verifikasi telah dilakukan Shopee maka selanjutnya pedagang bisa mengirimkan barang pesanan tersebut ke alamat pembeli.
Kepastian status pengiriman pesanan bisa ditanyakan kepada penjual lewat fitur chat. Dan apabila produk sudah diterima oleh pembeli maka segera klik tombol “Pesanan Diterima” kemudian bisa menuliskan review atau testimoni kepada penjual atas layanan yang sudah diberikan. Pemberian review ini sifatnya tak mutlak dan boleh dilewatkan bila tak menghendaki. Bila pembayaran tak dilakukan pembeli dalam waktu 3 hari maka otomatis pesanan yang dilakukan menjadi batal.
2. Ketentuan-ketentuan cara belanja di Shopee
Setiap barang yang dipesan oleh pembeli berlaku ongkos kirim yang besar kecilnya tergantung dari jas pengiriman yang dipilih, berat barang dan juga jauh dekatnya tujuan pengiriman. Di Shopee pun berlaku program Gratis Ongkir yang berlaku mulai 1 hingga 30 Juli 2017. Ketentuan program Gratis Ongkir Shopee yaitu potongan hingga Rp.30.000 dengan minimal belanja senilai Rp.90.000 di toko Official Shop dan Star Seller Shopee untuk semua layanan delivery yang bekerjasama dengan Shopee (JNE, Pos Indonesia, J&T) selain GO-SEND Instant Delivery. Bila ternyata Ongkir lebih dari Rp.30 ribu maka kelebihannya ditanggung oleh pembeli.
Selama order belum dilakukan pembayaran, pembeli berhak melakukan pembatalan pesanan. Caranya yaitu dengan klik pada tombol Batalkan Pesanan yang ada di halaman Detil Pesanan. Sebaliknya pesanan yang sudah dilakukan pembayaran tak dapat dilakukan pembatalan oleh pembeli. Yang bisa dilakukan bila order sudah dibayar yaitu mengajukan Permintaan Pengembalian Barang setelah sebelumnya berkomunikasi dengan penjual. Pembeli bisa mengajukan Permintaan Pengembalian Barang setelah barang tersebut diterima namun belum klik pada tombol Pesanan Diterima atau sebelum masa garansi yang diberikan Shopee habis. Klik pada tombol Ajukan Pengembalian Barang/Dana yang terdapat pada halaman Rincian Pesanan. Kemudian tentukan barang mana saja yang hendak dikembalikan dan alasan pengembalian tersebut.
Channel pembayaran yang disediakan oleh Shopee ada beberapa pilihan yaitu : kartu kredit, kartu debit, transfer bank dan Indomaret. Pembayaran dengan kartu kredit tersedia bila kartu kredit tersebut mendukung fitur 3D Secure dimana membutuhkan OTP (One Time Password) untuk verifikasi transaksi yang dilakukan. Sementara bila transfer bank yang dipilih maka pembeli bisa menggunakan ATM, internet banking, mobile banking, atau setor tunai di teller. Untuk pilihan pembayaran melalui transfer bank ada dua macam yaitu : virtual account dan ke rekening bank Shopee. Perbedaan keduanya yang utama adalah untuk virtual account pembeli tak perlu mengupload bukti pembayaran dengan verifikasi pembayaran instan paling lama hanya 10 menit.
Adapun untuk pilihan cara pembayaran pesanan Shopee di Indomaret, pembeli akan mendapatkan Kode Pembayaran (misalnya : K74M43E) setelah klik pada tombol Buat Pesanan dengan sebelumnya memilih Indomaret sebagai Opsi Pembayaran. Tunjukkan kode pembayaran Indomaret tersebut ke kasir dan bayarkan sesuai jumlah. Pesanan akan terverifikasi dengan otomatis setelah melakukan pembayaran di Indomaret. Simpan bukti struk pembayaran dari Indomaret bila nantinya diperlukan untuk verifikasi.
3. Dompet Shopee
Dompet Shopee disediakan untuk memfasilitasi penyimpanan semua penghasilan dan uang pengembalian. Pengguna bisa menarik dana yang ada dari Dompet Shopee ini ke rekening bank milik sendiri sehari sekali bila dilakukan secara manual. Sementara penarikan dana otomatis akan tersedia 1 kali seminggu dimana pengguna akan diberikan jadwalnya antara hari Selasa, Rabu atau Kamis. Fitur Dompet Shopee pun sangat berguna untuk penjual yaitu : mempermudah pelacakan saldo yang dimiliki dan dana yang dikirim ke rekening bank, melakukan filter transaksi penjualan untuk rentang waktu tertentu, memiliki kendali atas waktu dan besaran uang yang hendak diambil dan ditempatkan ke rekening bank milik sendiri, aman seba sudah dilengkapi PIN Dompet Shopee.
Shopee tampil lewat berbagai kemudahan bagi para konsumen yang berbelanja. Aplikasinya untuk smartphone pun sudah tersedia di toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store yang siap untuk diunduh. Dan lagi, cara belanja di Shopee pun begitu mudah dengan banyak opsi pembayaran tersedia. Shopee Indonesia sebenarnya tak hanya menjual produk-produk fashion dari brand-brand kenamaan namun masih ada banyak kategori yang ada yang meliputi : Handphone & Aksesoris, Perawatan & Kesehatan, Komputer & Aksesoris, Perlengkapan Rumah, Sepatu Pria, Sepatu Wanita, Tas Pria, Tas Wanita, Jam Tangan, Aksesoris Fashion, Elektronik, perlengkapan Bayi & Anak, Hobi & Koleksi, Kosmetik, Perlengkapan Olahraga, Fashion Muslim, Otomotif, Makanan & Minuman, Fotografi, Souvenir & Pesta, Serba Serbi dan Voucher.
1. Cara belanja di Shopee
Pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk mendapatkan akun. Tidak boleh lupa untuk mendaftarkan nomor ponsel untuk pendaftaran ini. Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai sampai mendapatkan akun. Sesudah tahap pendaftaran beres, pengguna dapat melanjutkannya dengan memilih produk apa saja yang hendak dibeli. Cek ketersediaan stock, ukuran, warna dan biaya pengiriman dengan bertanya kepada penjual produk itu via chat. Cukup dengan sentuh tombol “Chat” dan percakapan bisa segera dimulai.
Pembeli boleh bertanya ke penjual mengenai detil produk sekaligus biaya kirim yang dibebankan. Pengguna pun dapat memanfaatkan menu “Tawar” untuk mendapatkan potongan harga dari penjual atau dapat menggunakannya untuk memasukkan biaya kirim. Setelah yakin dengan pilihan produk tersebut, klik ikon keranjang untuk memasukkannya ke daftar belanjaan dan melanjutkan memilih produk lain. Namun bila hanya barang itu saja yang akan dibeli, klik pada tombol Beli Sekarang untuk membuat order.
Meskipun pembeli berbelanja dari pedagang yang berlainan, namun untuk pembayaran tetap dapat disatukan di satu order saja. Proses selanjutnya yang mesti dilakukan yaitu memasukkan detil alamat pengiriman dan tambahkan pula keterangan yang sekiranya dibutuhkan penjual supaya tak keliru kirim. Lanjutkan dengan menentukan opsi pembayaran yang disediakan Shopee dari credit card, transfer bank melalui beberapa channel dari bank BCA, bank Mandiri, dan bank BNI. Buat pembayaran pas dengan totalnya yang telah dikurangi dengan kode unik. Bila konsumen melakukan pembayaran melalui ATM bank, jangan lupa untuk menyimpan print out bukti pembayaran sebagai bukti bila nantinya diperlukan.
Sesudah pembayaran diselesaikan oleh pembeli, kirimkan bukti pembayaran tadi via aplikasi Shopee di fitur ada. Fitur berupa tombol untuk meng-upload bukti pembayaran ada di halaman metode pembayaran atau informasi nomor rekening. Status pembayaran yang baru saja dilakukan langsung dilakukan verifikasi pihak Shopee paling lama hingga 24 jam ke depan. Bilamana verifikasi telah dilakukan Shopee maka selanjutnya pedagang bisa mengirimkan barang pesanan tersebut ke alamat pembeli.
Kepastian status pengiriman pesanan bisa ditanyakan kepada penjual lewat fitur chat. Dan apabila produk sudah diterima oleh pembeli maka segera klik tombol “Pesanan Diterima” kemudian bisa menuliskan review atau testimoni kepada penjual atas layanan yang sudah diberikan. Pemberian review ini sifatnya tak mutlak dan boleh dilewatkan bila tak menghendaki. Bila pembayaran tak dilakukan pembeli dalam waktu 3 hari maka otomatis pesanan yang dilakukan menjadi batal.
2. Ketentuan-ketentuan cara belanja di Shopee
Setiap barang yang dipesan oleh pembeli berlaku ongkos kirim yang besar kecilnya tergantung dari jas pengiriman yang dipilih, berat barang dan juga jauh dekatnya tujuan pengiriman. Di Shopee pun berlaku program Gratis Ongkir yang berlaku mulai 1 hingga 30 Juli 2017. Ketentuan program Gratis Ongkir Shopee yaitu potongan hingga Rp.30.000 dengan minimal belanja senilai Rp.90.000 di toko Official Shop dan Star Seller Shopee untuk semua layanan delivery yang bekerjasama dengan Shopee (JNE, Pos Indonesia, J&T) selain GO-SEND Instant Delivery. Bila ternyata Ongkir lebih dari Rp.30 ribu maka kelebihannya ditanggung oleh pembeli.
Selama order belum dilakukan pembayaran, pembeli berhak melakukan pembatalan pesanan. Caranya yaitu dengan klik pada tombol Batalkan Pesanan yang ada di halaman Detil Pesanan. Sebaliknya pesanan yang sudah dilakukan pembayaran tak dapat dilakukan pembatalan oleh pembeli. Yang bisa dilakukan bila order sudah dibayar yaitu mengajukan Permintaan Pengembalian Barang setelah sebelumnya berkomunikasi dengan penjual. Pembeli bisa mengajukan Permintaan Pengembalian Barang setelah barang tersebut diterima namun belum klik pada tombol Pesanan Diterima atau sebelum masa garansi yang diberikan Shopee habis. Klik pada tombol Ajukan Pengembalian Barang/Dana yang terdapat pada halaman Rincian Pesanan. Kemudian tentukan barang mana saja yang hendak dikembalikan dan alasan pengembalian tersebut.
Channel pembayaran yang disediakan oleh Shopee ada beberapa pilihan yaitu : kartu kredit, kartu debit, transfer bank dan Indomaret. Pembayaran dengan kartu kredit tersedia bila kartu kredit tersebut mendukung fitur 3D Secure dimana membutuhkan OTP (One Time Password) untuk verifikasi transaksi yang dilakukan. Sementara bila transfer bank yang dipilih maka pembeli bisa menggunakan ATM, internet banking, mobile banking, atau setor tunai di teller. Untuk pilihan pembayaran melalui transfer bank ada dua macam yaitu : virtual account dan ke rekening bank Shopee. Perbedaan keduanya yang utama adalah untuk virtual account pembeli tak perlu mengupload bukti pembayaran dengan verifikasi pembayaran instan paling lama hanya 10 menit.
Adapun untuk pilihan cara pembayaran pesanan Shopee di Indomaret, pembeli akan mendapatkan Kode Pembayaran (misalnya : K74M43E) setelah klik pada tombol Buat Pesanan dengan sebelumnya memilih Indomaret sebagai Opsi Pembayaran. Tunjukkan kode pembayaran Indomaret tersebut ke kasir dan bayarkan sesuai jumlah. Pesanan akan terverifikasi dengan otomatis setelah melakukan pembayaran di Indomaret. Simpan bukti struk pembayaran dari Indomaret bila nantinya diperlukan untuk verifikasi.
3. Dompet Shopee
Dompet Shopee disediakan untuk memfasilitasi penyimpanan semua penghasilan dan uang pengembalian. Pengguna bisa menarik dana yang ada dari Dompet Shopee ini ke rekening bank milik sendiri sehari sekali bila dilakukan secara manual. Sementara penarikan dana otomatis akan tersedia 1 kali seminggu dimana pengguna akan diberikan jadwalnya antara hari Selasa, Rabu atau Kamis. Fitur Dompet Shopee pun sangat berguna untuk penjual yaitu : mempermudah pelacakan saldo yang dimiliki dan dana yang dikirim ke rekening bank, melakukan filter transaksi penjualan untuk rentang waktu tertentu, memiliki kendali atas waktu dan besaran uang yang hendak diambil dan ditempatkan ke rekening bank milik sendiri, aman seba sudah dilengkapi PIN Dompet Shopee.