Penjelasan Cara Transfer SMS Banking BRI

Internet dan jaringan seluler sudah banyak mengubah cara masyarakat ketika bertransaksi keuangan. Saat ini nasabah sudah dapat melihat saldo tabungan ataupun bentuk transaksi lain tanpa harus pergi ke kantor bank. Malah menyetor uang juga dapat dilakukan melalui ponsel. Segalanya menjadi kian mudah berkat hadirnya internet banking, mobile banking, dan SMS banking. Semuanya itu adalah bagian dari electronic banking yang saat ini sedang gencar ditawarkan oleh perbankan nasional.


Bank BRI termasuk salah satu yang begitu getol mengedukasi para nasabah agar mau memanfaatkan bentuk kemajuan teknologi ini. Dengan electronic banking ini para nasabah bank BRI akan tetap bisa melakukan transaksi darimana saja dan dimana saja selama tersedia akses internet atau sinyal seluler. SMS banking BRI misalnya dapat digunakan nasabah dengan memanfaatkan ponsel yang dimilikinya. Waktu yang sangat berharga yang dimiliki nasabah kini tak terbuang hanya untuk antri di kantor bank saat mereka akan mengirim uang atau membayar tagihan.

Fitur SMS Banking BRI dapat digunakan dari aplikasi BRI yang dapat diunduh dan dipasang di smartphone maupun dengan mengirim SMS ke nomor 3300 menggunakan format tertentu tergantung transaksi yang dilakukan. Misalnya cara transfer SMS banking BRI bila dengan menuliskan SMS langsung yaitu menggunakan format :TRANSFER kemudian kirim ke 3300. Namun yang pasti untuk kedua cara tadi nasabah sebelumnya harus mengaktifkan fasilitas ini dengan mendaftarkan nomor ponsel yang akan digunakan di ATM BRI atau langsung ke kantor unit BRI.

1. Cara Daftar SMS Banking BRI

Memiliki fasilitas SMS Banking BRI bagi nasabah memang sangat menguntungkan berkat kemudahan dan kepraktisan yang dimilikinya saat bertransaksi keuangan. Kebutuhan transfer, mengecek saldo, membeli pulsa ponsel atau listrik prabayar serta berbagai jenis transaksi keuangan lainnya dapat dengan mudah dilakukan lewat fasilitas SMS Banking BRI. Nasabah kini tak usah bersusah-payah antri di bilik ATM BRI bila ingin bertransaksi. Prosesnya dapat diselesaikan melalui ATM BRI, via online dari website resmi BRI, maupun mengunjungi kantor unit bank BRI. Khusus untuk pendaftaran via online di website ib.bri.co.id setiap nasabah wajib mempunyai account internet banking BRI. Karena itu nasabah sebaiknya memang mendaftar di mesin ATM BRI atau bila memang ada waktu langsung saja ke kantor bank BRI terdekat.

Cara daftar SMS Banking BRI melalui ATM, mula-mula akses menu ATM dengan memasukkan kartu dan mengetikkan PIN. Sesudah tampil menu utama, klik pada Transaksi Lain lalu klik pada menu Registrasi. Lanjut dengan klik pada menu SMS Banking, nasabah diminta mengetikkan nomor ponsel yang akan digunakan untuk SMS banking BRI. Nasabah pun dipersilahkan membuat sendiri PIN SMS banking yang terdiri dari 6 digit angka. PIN SMS banking tersebut yang akan selalu diminta tiap kali nasabah menjalankan fasilitas SMS banking BRI. Setelah prosesnya selesai maka akan tercetak struk bukti transaksi dengan pesan “Anda telah berhasil melakukan pendaftaran SMS Banking BRI”. Sampai tahap ini nasabah sudah dapat menggunakan fitur SMS banking BRI namun untuk fungsi-fungsi non finansial seperti cek saldo, cek mutasi atau cek tagihan. Sedangkan untuk mengaktifkan fitur-fiturnya secara penuh, nasabah wajib datang ke kantor bank BRI dengan membawa KTP, buku tabungan dan kartu ATM BRI.

2. Cara Menggunakan SMS Banking BRI

Bila nasabah ingin menjalankan menu-menu SMS banking BRI dari aplikasi BRI Mobile maka bisa mengunduhnya terlebih dulu di toko aplikasi. Untuk smartphone Android misalnya tersedia di link https://play.google.com/store/apps/details?id=bri.delivery.brimobile. Setelah terpasang di smartphone, jalankan aplikasinya yang akan menampilkan halaman depan. Nasabah tinggal memilih menu yang hendak difungsikan. Cara transfer SMS banking BRI misalnya, sentuh pada menu TRANSFER. Lalu tentukan akan transfer ke nomor rekening lain di bank BRI atau ke nomor rekening di bank lain. Setiap kali melakukan transaksi, nasabah selalu diminta untuk mengetikkan 6 digit PIN SMS banking BRI.

Secara lengkap menu-menu di aplikasi BRI Mobile adalah sebagai berikut:

- Menu INFO meliputi : Info Saldo; Info Transfer; Info Telkom; Info PLN; Info Telepon Seluler;  Info Tiket; Info Pendidikan; Info Cicilan; Info TV Berbayar; Info PDAM, Info Bravia; Info DPLK BRI; Info Pinjaman.
   
- Menu TRANSFER meliputi : transfer ke sesama rekening di BRI dan transfer ke nomor rekening di bank lain.
   
- Menu ISI ULANG meliputi : isi ulang Pulsa; e-Money; PLN; T-BANK
   
- Menu PEMBAYARAN : Kartu Kredit; PLN; Telkom;  Telepon Seluler; Tiket; DLPK BRI;  Pendidikan; Zakat; Infaq/Kurban; Cicilan; TV Berbayar; PDAM, Bravia; Pinjaman.
   
- Menu PELAYANAN NASABAH meliputi : fasilitas mengganti password SMS Banking.
   
- Menu REGISTRASI terdiri dari menu-menu internet banking BRI.

Sementara bila nasabah ingin menjalankan SMS Banking BRI langsung dengan mengetikkan SMS maka mereka harus tahu format yang ditentukan. Misalnya cara transfer SMS banking BRI ke nomor rekening lain di bank BRI, format penulisan yang harus digunakan yaitu : TRANSFER<spasi>BRI<spasi>No REKENING TUJUAN<spasi>NOMINAL<spasi>PIN kemudian dikirimkan ke nomor 3300. Secara lengkap ketentuan format SMS banking BRI adalah sebagai berikut :

- Cek Saldo, menggunakan format : SALDO<spasi>PIN misal: Saldo 123456
   
- Mutasi Rekening, menggunakan format : INFO<spasi>MUTASI<spasi>PIN misal: Info Mutasi 123456
   
- Ganti PIN SMS Banking, menggunakan format : PIN<spasi>PIN BARU<spasi>PIN LAMA misal: PIN 654321 123456
   
- Transfer ke sesama rekening di Bank BRI, menggunakan format : TRANSFER<spasi>BRI<spasi>No REKENING TUJUAN<spasi>NOMINAL<spasi>PIN misal: Transfer BRI 068501008921519 1750000 123456
   
- Transfer ke nomor rekening di Bank Lain, menggunakan format : TRANSFER<spasi>KODE BANK<spasi>NO REKENING<spasi>JUMLAH TRANSFER<spasi>PIN misal : Transfer 014 4451373898 1750000 123456
   
- Beli Pulsa HP, menggunakan format : PULSA<spasi>NOMOR HP<spasi>NOMINAL<spasi>PIN misal : Pulsa 081326918855 20000 123456
   
- Beli Pulsa Token Listrik PLN, menggunakan format :  BELI<spasi>PLNPRE<spasi>NO id PLN<spasi>NOMINAL<spasi>PIN misal: Beli PLNPre 01100731145 100000 123456

Nasabah akan menanggung biaya pengiriman SMS ini Rp.660/SMS termasuk juga saat menggunakan aplikasi BRI Mobile. Karena cukup riskan maka sebaiknya nasabah sesaat setelah melakukan SMS banking BRI lewat pengiriman SMS harus segera menghapusnya sehingga tak akan disalahgunakan oleh orang lain.