Tantangan-Tantangan Kebudayaan di Indonesia dan Manfaat Keragaman Budaya

Tantangan-tantangan Kebudayaan
1. Kebudayaan Modern Tiruan
Tantangan yang sungguh-sungguh mengancam kita adalah kebudayaan modern tiruan. Dia mengancam justru karena tidak sejati dan tidak subtansial. Yang ditawarkan adalah semu. Kebudayaan itu membuat kita menjadi manusia plastik, manusia tanpa kepribadian, manusia terasing, manusia kosong, dan manusia latah.

Kebudayaan blasteran modern bagaikan drakula; ia mentereng, mempunyai daya tarik luar biasa, ia lama kelamaan menyedot pandangan asli kita tentang nilai, tentang dasar harga diri, dan tentang status. Ia menawarkan kemewahan-kemewahan yang dulu bahkan tidak bisa kita impikan. Ia menjanjikan kepenuhan hidup, kemantapan diri asal kita mau berhenti berpikir sendiri dan berhenti membuat kita kehilangan penilaian kita sendiri. Akhirnya kita kehabisan darah dan kebiasaan identitas. Kebudayaan modern tiruan membuat kita lepas dari kebudayaan tradisional kita sendiri, sekaligus juga tidak menyentuh kebudayaan teknologis modern sungguhan.

2. Bagaimana Memberi Makan, Sandang, dan Rumah
Ki Hajar Dewantara mengatakan bahwa, budaya adalah perjuangan manusia dalam mengatasi masalah alam dan zaman. Permasalahan yang paling mendasar bagi manusia adalah masalah makan, pakaian, dan perumahan. Ketika orang kekurangan gizi, bagaimana ia akan mendapat orang yang cerdas. Ketika kebutuhan pokok saja tidak terpenuhi, bagaimana orang akan berpikir maju dan menciptakan teknologi yang hebat.

3. Masalah Pendidikan yang Tepat
Pendidikan masih menjadi permasalahan yang menjadi perhatian serius jika bangsa ini ingin dipandang dalam percaturan dunia. Ada fenomena yang menarik terkait dengan hal ini, yakni mengenai kolaborasi kebudayaan dengan pendidikan, dalam artian bagaimana sistem pendidikan yang ada mengintrinsikkan kebudayaan di dalamnya. Di mana ada sebuah kebudayaan yang menjadi spirit dari sistem pendidikan yang kita terapkan.

4. Mengejar Kemajuan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Problem ini beranjak ketika kita sampai saat ini masih menjadi konsumen atas produk-produk teknologi dari negara luar. Situasi keilmiahan kita belum berkembang dengan baik dan belum didukung oleh iklim yang kondusif bagi para ilmuwan untuk melakukan penelitian dan penciptaan produk-produk serta teknologi baru.

Jika kita tetap mengandalkan impor produk dari luar negeri, maka kita akan terus terbelakang. Oleh sebab itu, hal ini tantangan bagi kita untuk mengejar ketertinggalan iptek dari negara-negara maju.

5. Kondisi Alam Global
Salah satu dampak pemanasan global adalah meningkatnya suhu permukaan bumi sepanjang lima tahun mendatang. Hal ini akan mengakibatkan gunung es di Amerika Latin mencair. Dampak lanjutannya adalah kegagalan panen, yang hingga tahun 2050 mengakibatkan 130 juta penduduk dunia, terutama di Asia terjadi kelaparan. Pertanian gandum di Afrika juga akan mengalami hal yang sama.

Dampak pemanasan global juga bisa berupa meningkatnya permukaan laut, lenyapnya beberapa spesies, dan bencana nasional yang makin meningkat. Disebutkan, 30 % garis pantai di dunia akan lenyap pada 2080. Lapisan es di kutub mencair hingga terjadi aliran air di kutub utara. Hal itu akan mengakibatkan terusan Panama terbenam.
Asia menjadi bagian dari bumi yang paling parah. Perubahan iklim yang tidak terdeteksi akan menjadi bencana lingkungan dan ekonomi, dan buntutnya adalah tragedi kemanusiaan.

Manfaat Keragaman Budaya
sungguh mengancam kita adalah kebudayaan modern tiruan Tantangan-Tantangan Kebudayaan di Indonesia dan Manfaat Keragaman Budaya

Sebagai bangsa yang majemuk (terdiri dari berbagai macam suku dan budaya) kita harus menghargai dan menghormati budaya dari luar daerah asal kita. Sepatutnya kita harus bangga dengan keragaman yang dimiliki bangsa kita karena keragaman itu merupakan daya tarik dan kekayaan bangsa yang belum tentu dimiliki bangsa lain. Sikap saling menghormati budaya daerah lain akan menciptakan kerukunan dan keamanan, sehingga kehidupan bermasyarakat akan lebih aman dan nyaman. Tujuan lainnya untuk melindungi dan melestarikan budaya-budaya daerah. Manfaat keragaman budaya di Indonesia adalah sebagai berikut;
  • Mempererat tali persaudaraan
  • Menjadi aset wisata yang bisa menghasilkan pendapatan bagi negara
  • Memperkaya kebudayaan nasional.
Demikianlah ulasan mengenai "Tantangan-Tantangan Kebudayaan di Indonesia dan Manfaat Keragaman Budaya", yang pada kesempatan ini, dapat dibahas dengan lancar dan semoga ulasan di atas bermanfaat bagi para pengunjung dan pembaca.
Sudah di Revisi
*Rajinlah belajar demi Bangsa dan Negara, serta jagalah kesehatanmu!
*Semoga anda sukses!

Previous
Next Post »