Nasabah bank BRI mencapai jutaan orang dan berada di berbagai daerah di Indonesia. Di samping menyediakan platform kredit berbunga rendah, bank milik pemerintah ini pun dipilih masyarakat kebanyakan dengan layanan dan berbagai produk unggulan. Mesin ATM adalah salah satu fitur yang dimiliki bank BRI yang memiliki fungsi utama melayani transaksi perbankan nasabah di berbagai tempat strategis. Saat ini sudah berdiri hingga belasan ribu bilik ATM BRI yang beroperasi di seluruh Indonesia.
1. Fitur ATM BRI dan Cara Cek Saldo ATM BRI
ATM secara umum memiliki fungsi memfasilitasi nasabah yang ingin menggunakan layanan keuangan misalnya mengambil uang tunai, transfer uang, cek saldo, ,membayar tagihan kartu kredit, membayar listrik, membeli pulsa, dan juga berbagai tagihan lain yang dimiliki nasabah. Beberapa jenis layanan yang diberikan ATM BRI tak mengenakan biaya seperti untuk keperluan cek saldo atau transfer ke sesama nomor rekening BRI. Sementara beberapa layanan lain mengenakan biaya dengan jumlah tertentu misalnya transfer dana ke nomor rekening beda bank.
Bagi sebagian nasabah, menggunakan fitur-fitur di mesin ATM BRI boleh jadi cukup membingungkan. Cara cek saldo ATM BRI contohnya, meski bagi sebagian orang hal tersebut sangat mudah namun beberapa nasabah ternyata ada yang masih belum bisa melakukannya. Cara cek saldo ATM BRI secara umum hampir sama dengan tatacara penggunaan menu-menu lain di ATM. Syarat utamanya adalah nasabah bisa mengakses mesin ATM BRI menggunakan kartu ATM dan juga memasukkan PIN ATM. Setiap pembukaan rekening baru tabungan bank BRI biasanya para nasabah ditawarkan untuk memiliki kartu ATM atau tidak. Ada biaya tambahan bila nasabah menginginkan kartu ATM BRI. Bila nasabah memang belum memiliki kartu ATM BRI itu artinya ia tak bisa menggunakan menu-menu di mesin ATM. Tak ada jalan lain selain mengurus permohonan kartu ATM BRI di kantor bank BRI sesuai saat pembukaan rekening.
Begitu kartu ATM dan PIN di tangan, cara cek saldo ATM BRI tinggal mengakses mesin ATM. Masukkan kartu ATM BRI lalu ketikkan nomor PIN yang dimiliki. Otomatis layar ATM akan menampilkan menu-menu utama dari layanan yang dimiliki. Untuk cek saldo nasabah harus memilih menu Info Saldo di layar dengen menekan tombol di samping layar. Jumlah saldo rekening tabungan yang dimiliki akan tertera di layar ATM.
2. Aplikasi BRI Mobile dan Benefitnya
Aplikasi BRI Mobile menjadi sebuah layanan yang menyatukan beberapa layanan e-banking yang bisa dijalankan dari smartphone. Aplikasi ini tersedia di beberapa toko aplikasi online seperti di Play Store dengan link https://play.google.com/store/apps/details?id=bri.delivery.brimobile&hl=en. Beberapa layanan e-banking di dalamnya meliputi : Mobile Banking BRI, Internet Banking BRI, Call BRI, Info BRI serta T-Bank. Aplikasi ini akan menawarkan fleksibilitas kepada nasabah saat bertransaksi keuangan, apakah itu melalui internet (internet banking) ataupun pesan singkat (mobile banking). Penggunaan aplikasi ini bagi nasabah sangatlah aman sebab dalam prosesnya membutuhkan PIN untuk Mobile Banking dan mToken untuk Internet Banking sebagai bentuk otentifikasi dari nasabah.
Berbagai fitur penting yang disediakan di aplikasi BRI Mobile meliputi : Info rekening (Mutasi Rekening), Transfer sesama BRI maupun Bank Lain (PRIMA, BERSAMA, LINK), pembayaran tagihan (multifinance, PLN, Telkom, Kartu kredit, Cicilan, dll), pembelian (pulsa, mobile cash, dan BRIZZI) dan layanan nasabah (ubah pin dan pendaftaran). Sementara beberap menu tambahan yang juga disertakan adalah : Simpan daftar transaksi nasabah, Daftar pembayaran terjadwal, Limitasi transfer hingga 1 Milyar, tergantung jenis kartu yang digunakan, Simpan notifikasi transaksi, info lokasi ATM BRI, info merchant E-Pay, info dan panduan pendaftaran Mobile Banking dan Internet Banking.
3. Layanan T-Bank BRI dan Benefitnya
T-Bank adalah layanan rekening HP sebagai produk uang elektronik berbasis server persembahan bank BRI. Setiap pengguna bisa memakai nomor hp mereka layaknya sebuah nomor rekening tabungan. Dana yang terdapat di nomor HP dari layanan T-Bank ini tak memperoleh bunga sekaligus tanpa penjaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) layaknya menabung di bank. Paling banyak dana yang bisa disimpan di layanan T-Bank sebesar Rp.1 juta untuk pengguna dengan status semi registered dan sebesar Rp.5 juta yang berstatus full registered. Rekening T-Bank pun tak dibebankan biaya administrasi bulanan seperti menabung di bank konvensional. Segala nomor hp GSM bisa didaftarkan untuk dijadikan sebagai nomor rekening T-bank. Berbagai fitur yang dimiliki T-Bank seperti : informasi saldo, informasi mutasi rekening, pembayaran lewat merchant Mocash, mengirim dana ke nomor hp T-Bank, permohonan kode akses, cek agen, top up pulsa, ganti PIN T-Bank, pendaftaran dan pengambilan tunai di ATM BRI tanpa menggunakan kartu ATM.
Untuk saat ini T-Bank baru bisa digunakan untuk para pengguna kartu GSM keluaran Telkomsel (Simpati, Kartu As, Loop dan Kartu Halo). Untuk mendaftar, dari hp dengan nomor Telkomsel dial ke nomor *212# sehingga ditampilkan beberapa menu utama. Pilih nomor 1.Registrasi untuk mendaftar. Ketikkan data-data yang diminta : Nama lengkap, Nomor KTP, Alamat dan Tanggal lahir. Begitu permintaan pendaftaran ditindaklanjuti maka pengguna langsung dikirimi PIN lewat SMS ke nomor hp yang digunakan. Pengguna mesti memiliki saldo dalam rekening T-Bank agar bisa digunakan bertransaksi. Cara mengisi saldo T-Bank ini dengan menyetorkan sejumlah dana yaitu ke agen-agen T-Bank bila pengguna tak mempunyai rekening BRI atau lewat fasilitas Mobile / SMS Banking BRI bila pengguna adalah nasabah bank BRI.
4. Layanan e Pay BRI dan Benefitnya
Merupakan pilihan cara pembayaran saat berbelanja online yang cukup praktis sekaligus aman persembahan bank BRI. Mengaktifkan layanan e Pay BRI ini pada semua kegiatan shopping di berbagai toko online itu artinya pengguna tak usah susah-susah lagi mengingat-ingat kode booking dari transaksi yang dilakukan. Pengguna pun tak usah mencari ATM untuk melakukan pembayaran lalu kemudian tak usah pula mengirim konfirmasi pembayaran ke penjual. Tinggal lengkapi user id Internet Banking BRI atau nomor hp beserta password/PIN. Kemudian paycode untuk konfirmasi pembayaran langsung dikirim ke nomor hp pengguna. Untuk bukti transaksi pengguna pun akan mendapatkannya yang dikirim visa email dan juga SMS. Layanan e-Pay BRI bisa difungsikan oleh nasabah yang sudah mengaktifkan fitur Internet Banking BRI secara penuh. Ada banyak sekali merchant online yang menerima pembayaran e Pay BRI ini seperti : bhinneka.com, jakartanotebook.com, electronicsolution.com, wellcommshop.com, bakoelstore.com, blibli.com, dinomarket.com, lojai.com, ebay-indonesia, rumahparfum.com dan sebagainya.
1. Fitur ATM BRI dan Cara Cek Saldo ATM BRI
ATM secara umum memiliki fungsi memfasilitasi nasabah yang ingin menggunakan layanan keuangan misalnya mengambil uang tunai, transfer uang, cek saldo, ,membayar tagihan kartu kredit, membayar listrik, membeli pulsa, dan juga berbagai tagihan lain yang dimiliki nasabah. Beberapa jenis layanan yang diberikan ATM BRI tak mengenakan biaya seperti untuk keperluan cek saldo atau transfer ke sesama nomor rekening BRI. Sementara beberapa layanan lain mengenakan biaya dengan jumlah tertentu misalnya transfer dana ke nomor rekening beda bank.
Bagi sebagian nasabah, menggunakan fitur-fitur di mesin ATM BRI boleh jadi cukup membingungkan. Cara cek saldo ATM BRI contohnya, meski bagi sebagian orang hal tersebut sangat mudah namun beberapa nasabah ternyata ada yang masih belum bisa melakukannya. Cara cek saldo ATM BRI secara umum hampir sama dengan tatacara penggunaan menu-menu lain di ATM. Syarat utamanya adalah nasabah bisa mengakses mesin ATM BRI menggunakan kartu ATM dan juga memasukkan PIN ATM. Setiap pembukaan rekening baru tabungan bank BRI biasanya para nasabah ditawarkan untuk memiliki kartu ATM atau tidak. Ada biaya tambahan bila nasabah menginginkan kartu ATM BRI. Bila nasabah memang belum memiliki kartu ATM BRI itu artinya ia tak bisa menggunakan menu-menu di mesin ATM. Tak ada jalan lain selain mengurus permohonan kartu ATM BRI di kantor bank BRI sesuai saat pembukaan rekening.
Begitu kartu ATM dan PIN di tangan, cara cek saldo ATM BRI tinggal mengakses mesin ATM. Masukkan kartu ATM BRI lalu ketikkan nomor PIN yang dimiliki. Otomatis layar ATM akan menampilkan menu-menu utama dari layanan yang dimiliki. Untuk cek saldo nasabah harus memilih menu Info Saldo di layar dengen menekan tombol di samping layar. Jumlah saldo rekening tabungan yang dimiliki akan tertera di layar ATM.
2. Aplikasi BRI Mobile dan Benefitnya
Aplikasi BRI Mobile menjadi sebuah layanan yang menyatukan beberapa layanan e-banking yang bisa dijalankan dari smartphone. Aplikasi ini tersedia di beberapa toko aplikasi online seperti di Play Store dengan link https://play.google.com/store/apps/details?id=bri.delivery.brimobile&hl=en. Beberapa layanan e-banking di dalamnya meliputi : Mobile Banking BRI, Internet Banking BRI, Call BRI, Info BRI serta T-Bank. Aplikasi ini akan menawarkan fleksibilitas kepada nasabah saat bertransaksi keuangan, apakah itu melalui internet (internet banking) ataupun pesan singkat (mobile banking). Penggunaan aplikasi ini bagi nasabah sangatlah aman sebab dalam prosesnya membutuhkan PIN untuk Mobile Banking dan mToken untuk Internet Banking sebagai bentuk otentifikasi dari nasabah.
Berbagai fitur penting yang disediakan di aplikasi BRI Mobile meliputi : Info rekening (Mutasi Rekening), Transfer sesama BRI maupun Bank Lain (PRIMA, BERSAMA, LINK), pembayaran tagihan (multifinance, PLN, Telkom, Kartu kredit, Cicilan, dll), pembelian (pulsa, mobile cash, dan BRIZZI) dan layanan nasabah (ubah pin dan pendaftaran). Sementara beberap menu tambahan yang juga disertakan adalah : Simpan daftar transaksi nasabah, Daftar pembayaran terjadwal, Limitasi transfer hingga 1 Milyar, tergantung jenis kartu yang digunakan, Simpan notifikasi transaksi, info lokasi ATM BRI, info merchant E-Pay, info dan panduan pendaftaran Mobile Banking dan Internet Banking.
3. Layanan T-Bank BRI dan Benefitnya
T-Bank adalah layanan rekening HP sebagai produk uang elektronik berbasis server persembahan bank BRI. Setiap pengguna bisa memakai nomor hp mereka layaknya sebuah nomor rekening tabungan. Dana yang terdapat di nomor HP dari layanan T-Bank ini tak memperoleh bunga sekaligus tanpa penjaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) layaknya menabung di bank. Paling banyak dana yang bisa disimpan di layanan T-Bank sebesar Rp.1 juta untuk pengguna dengan status semi registered dan sebesar Rp.5 juta yang berstatus full registered. Rekening T-Bank pun tak dibebankan biaya administrasi bulanan seperti menabung di bank konvensional. Segala nomor hp GSM bisa didaftarkan untuk dijadikan sebagai nomor rekening T-bank. Berbagai fitur yang dimiliki T-Bank seperti : informasi saldo, informasi mutasi rekening, pembayaran lewat merchant Mocash, mengirim dana ke nomor hp T-Bank, permohonan kode akses, cek agen, top up pulsa, ganti PIN T-Bank, pendaftaran dan pengambilan tunai di ATM BRI tanpa menggunakan kartu ATM.
Untuk saat ini T-Bank baru bisa digunakan untuk para pengguna kartu GSM keluaran Telkomsel (Simpati, Kartu As, Loop dan Kartu Halo). Untuk mendaftar, dari hp dengan nomor Telkomsel dial ke nomor *212# sehingga ditampilkan beberapa menu utama. Pilih nomor 1.Registrasi untuk mendaftar. Ketikkan data-data yang diminta : Nama lengkap, Nomor KTP, Alamat dan Tanggal lahir. Begitu permintaan pendaftaran ditindaklanjuti maka pengguna langsung dikirimi PIN lewat SMS ke nomor hp yang digunakan. Pengguna mesti memiliki saldo dalam rekening T-Bank agar bisa digunakan bertransaksi. Cara mengisi saldo T-Bank ini dengan menyetorkan sejumlah dana yaitu ke agen-agen T-Bank bila pengguna tak mempunyai rekening BRI atau lewat fasilitas Mobile / SMS Banking BRI bila pengguna adalah nasabah bank BRI.
4. Layanan e Pay BRI dan Benefitnya
Merupakan pilihan cara pembayaran saat berbelanja online yang cukup praktis sekaligus aman persembahan bank BRI. Mengaktifkan layanan e Pay BRI ini pada semua kegiatan shopping di berbagai toko online itu artinya pengguna tak usah susah-susah lagi mengingat-ingat kode booking dari transaksi yang dilakukan. Pengguna pun tak usah mencari ATM untuk melakukan pembayaran lalu kemudian tak usah pula mengirim konfirmasi pembayaran ke penjual. Tinggal lengkapi user id Internet Banking BRI atau nomor hp beserta password/PIN. Kemudian paycode untuk konfirmasi pembayaran langsung dikirim ke nomor hp pengguna. Untuk bukti transaksi pengguna pun akan mendapatkannya yang dikirim visa email dan juga SMS. Layanan e-Pay BRI bisa difungsikan oleh nasabah yang sudah mengaktifkan fitur Internet Banking BRI secara penuh. Ada banyak sekali merchant online yang menerima pembayaran e Pay BRI ini seperti : bhinneka.com, jakartanotebook.com, electronicsolution.com, wellcommshop.com, bakoelstore.com, blibli.com, dinomarket.com, lojai.com, ebay-indonesia, rumahparfum.com dan sebagainya.